Tips Memperpanjang SIM Secara Online

SIM C saya habis masa berlakunya pada September 2024, karena kondisi tidak memungkinkan untuk mengurus secara langsung ke Polres akhirnya saya mencoba untuk melakukan perpanjangan SIM secara online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri yang tersedia di https://play.google.com/store/apps/details?id=id.qoin.korlantas.user.

aplikasi Digital Korlantas

Saya akan memaparkan secara singkat saja, ada sejumlah berkas yang perlu disiapkan:
1. Foto KTP
2. Foto SIM yang akan habis masa berlakunya

SIM lama yang akan habis masa berlakunya dan KTP saya foto pada sisi yang memuat identitas diri menggunakan kamera smartphone. Yang penting di sini hasil foto jelas dan tidak blur.

3. Pas foto dengan background berwarna biru
Untuk pas foto ini sedikit tricky karena terdapat sejumlah ketentuan :
- Background warna biru tidak boleh hasil image editing, misalnya kita foto di depan tembok warna putih kemudian hasil fotonya kita edit agar warna background menjadi biru. Saya pernah melakukan seperti ini, berakhir dengan pengajuan berkas ditolak. Baru berhasil setelah berfoto di depan tembok yang berwarna biru.
- Warna biru yang diminta adalah biru tua, bukan biru muda. File pas foto saya berhasil diapprove setelah saya berfoto dengan background biru seperti di bawah ini



- Jangan crop atau resize fotonya. Walaupun di aplikasi Digital Korlantas ada keterangan ukuran piksel pas foto yang diminta namun sebaiknya setelah mengambil foto menggunakan kamera handphone tidak perlu melakukan editing apapun termasuk crop dan resize. File foto yang saya ambil tidak saya edit sama sekali, langsung upload saja dan berhasil diapprove. Saya menggunakan setting default kamera yang menghasilkan foto berukuran 960x1280 px.

4. Foto tanda tangan
Untuk foto tanda tangan siapkan kertas HVS putih yang masih polosan, kemudian gunakan bolpoin yang tintanya tebal. Kemudian pastikan foto tanda tangan tidak gelap, saya memfoto kertas HVS yang sudah ditandatangani dengan meletakkannya di tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Alhamdulillah diapprove.

Setelah semua berkas disiapkan, bisa ikuti langkah-langkah untuk melakukan perpanjangan SIM melalui aplikasi Digital Korlantas. Menurut saya aplikasi ini adalah salah satu dari sedikit aplikasi pemerintah yang memiliki nilai manfaat yang bisa dirasakan langsung. Alasannya adalah memperpanjang SIM lewat aplikasi Digital Korlantas saya rasakan lebih murah daripada memperpanjang SIM secara offline. Ada sejumlah biaya yang bisa dihemat, di antaranya biaya fotokopi berkas di tempat fotokopi dekat Polres yang biasanya jadi lebih mahal daripada fotokopi di tempat lain. Kemudian biaya tes psikologi dan tes kesehatan jauh lebih murah secara online daripada tes secara offline. Total biaya yang saya keluarkan untuk perpanjangan SIM secara online sekitar 113 ribu rupiah, termasuk ongkir.

Sedikit catatan yang perlu diketahui apabila melakukan perpanjangan SIM secara online melalui aplikasi Digital Korlantas adalah jangan terlalu mepet dengan tanggal habisnya masa berlaku SIM. Saya sudah mencicil proses perpanjangan sejak dua bulan sebelum tanggal habisnya masa berlaku SIM untuk mengantisipasi sejumlah hal. Kendala yang sempat saya alami adalah ditolaknya berkas yang saya ajukan karena ada file foto yang dianggap tidak memenuhi syarat seperti yang saya uraikan di atas. Perlu diketahui juga bahwa setelah berkas diunggah dan data-data dimasukkan, kita diminta untuk langsung mentransfer biaya perpanjangan SIM melalui virtual account bank. Nah kalau berkas ditolak, biaya yang sudah kita bayarkan akan dikembalikan melalui transfer bank namun akan dikurangi biaya administrasi sebesar 10 ribu rupiah, ini minusnya menurut saya. Alangkah baiknya kalau biaya administrasi tersebut dihilangkan saja, atau pemohon baru diminta untuk membayar kalau berkas-berkasnya sudah sesuai, atau bisa juga kalau ada berkas yang kurang sesuai mbok ya jangan ditolak permohonan perpanjangannya namun tinggal merevisi berkas yang belum sesuai. Di luar kekurangan itu menurut saya sudah bagus prosesnya dan untuk masa mendatang saya jelas memilih melakukan perpanjangan SIM secara online daripada offline. 

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java