Agus Mulyadi : Dari Blogger sampai Layar Lebar

Belum lama ini saya melihat kabar di lini masa X tentang trailer sebuah film yang berjudul "Seni Memahami Kekasih". Ealah ternyata ini adalah film yang diangkat dari bukunya Agus... Agus Mulyadi. Secara garis besar film ini mengangkat cerita-cerita unik kehidupan percintaan Agus dan istrinya Kalis Mardiasih.

Saya tidak akan membahas banyak tentang film atau ceritanya, karena memang filmnya belum tayang (baru akan tayang bulan September 2024) dan saya juga belum pernah membaca buku Seni Memahami Kekasih itu (sorry Gus, wis suwe ora tuku buku, wis akeh butuhe keluarga). Saya menulis sedikit nostalgia tentang Agus Mulyadi itu sendiri.

Saya mulai ngeh tentang Agus Mulyadi beberapa bulan sebelum acara Blogger Nusantara, sekitar tahun 2012. Waktu itu ada teman saya Gizipp mengenalkan saya ke sebuah blog unik https://www.agusmulyadi.web.id/ yang ditulis oleh Agus Mulyadi atau yang pada waktu itu sering menggunakan akronim GusMul. Nyentrik juga blog tersebut memiliki tagline "Agus Mulyadi Njaluk Rabi", yang memang pada waktu itu Agus masih bujangan. Dan tagline tersebut nampaknya menggambarkan sebuah kepasrahan namun juga adanya harapan dan keinginan yang sangat jelas namun terkendala oleh kemampuan. Banyak tulisan Agus yang menarik, yang lawas-lawas waktu itu saya baca misalnya salah satunya tentang ayam yang bulunya habis atau istilahnya pitik trondol. Juga banyak kisah tentang teman-teman setongkrongan Agus di daerahnya di Magelang. Gaya ceritanya sungguh menarik dan enak dibaca. Nampak jelas memang Agus ini punya bakat kepenulisan, dan memang beberapa tahun kemudian itu terbukti. 

Agus Mulyadi, pernah juga menjadi fenomena internet pada waktu itu karena jasa edit foto bareng member JKT48. Selain jago menulis Agus ini juga piawai menggunakan software image editing, dia bisa mengedit fotonya seolah-olah bareng sama member JKT48 dan orang-orang terkenal lainnya, multitalent tenan kowe Gus. Sebagai pengingat, pada waktu itu edit gambar belum sepraktis sekarang yang langsung bisa dilakukan di smartphone.

Agus dan iklan jasa edit foto bareng oshi

pancen alus tenan editanmu Gus


Karir Agus Mulyadi semakin moncer, sampai akhirnya merambah layar televisi pada waktu itu. Yak Agus Mulyadi sempat menjadi bintang tamu di aca Ini Talkshow yang bisa dibilang merupakan acara top pada masanya.

Bahkan Agus pernah menjadi talent di acara Empat Mata. Namun Agus hanya muncul tidak sampai lima episode karena merasa dunia pertelevisian bukan tempat yang cocok untuknya.

 

Waktu berjalan, tulisan Agus mengantarkannya menjadi redaktur media online Mojok dan di sinilah akhirnya dia bertemu Kalis yang menjadi istrinya yang kalau ga salah berawal dari Kalis yang mengirim tulisan ke Mojok. Terus sampai akhirnya Agus menikahi Kalis dan sekarang sudah dianugerahi seorang putri.

Agus Mulyadi bukanlah Agus Mulyadi yang dulu, akronim GusMul sudah tidak pernah dia pakai, tagline "Agus Mulyadi njaluk rabi" juga sudah tidak relevan. Begitulah nasib dan masa depan tidak ada yang tahu, siapa sangka Agus yang awalnya jaga warnet sekarang punya buku yang difilmkan. Sebagai orang yang mengikuti perkembangan Agus dari tahun 2012an hingga sekarang, saya merasa usaha Agus ini patut diacungi jempol, terlepas dari bakat yang memang mendukungnya. Semangat terus Gus, semakin trengginas.

Comments

  1. Sebagai blogger, aku tep bangga nduwe kanca blogger kaya awakmu. Salam kemlinthi, Luuuur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dikomen bose, salam aspal nggronjal

      Delete
    2. meskipun saat ini sudah terkenal (menurut saya) dan salah satu kisahmu telah diangkat ke layar lebar, jangan lupa untuk tetap ngeblog ya gus 🙏

      Delete
  2. Namanya sama² Mulyadi, tapi nasibnya yg beda, semoga rejekinya nular yah pak, Amin ya robbal alamin 🙏🤲

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java