Ukuran File .iso Live Image Ubuntu 24.04 dan Turunannya

Ubuntu merupakan distro Linux yang berkontribusi besar mempopulerkan Linux di awal-awal kemunculannya. Hal ini tidak lain disebabkan Canonical, perusahaan yang mengembangkan Ubuntu, menawarkan CD fisik gratis kepada siapapun di seluruh dunia yang memesannya pada kurun waktu tahun 2007-an hingga 2010-an. Pada waktu itu koneksi internet masih terbatas, ukuran file .iso installer Linux yang pada waktu itu masih sekitar 600-700an MB tarasa begitu besar bagi sebagian besar masyarakat dunia sehingga kehadiran CD fisik sangat membantu menghemat waktu dan biaya download dari internet.

Live CD Ubuntu gratis yang dikirimkan ke pengguna

Saat ini program pengiriman CD Ubuntu gratis tersebut sudah tinggal kenangan. Koneksi internet yang semakin cepat dan semakin terjangkau oleh masyarakat dunia, serta penggunaan optical storage yang sudah makin ditinggalkan, memicu hal tersebut. Untuk menginstall Linux saat ini pengguna sangat lazim untuk mengunduh installernya dalam format .iso dari internet. 

Dengan semakin berkembangnya teknologi Linux, ternyata ukuran file .iso installer Ubuntu bertambah besar. Beberaoa pemicunya di antaranya adalah jumlah baris code kernel Linux yang semakin banyak, serta berkembangnya aplikasi Linux yang didukung platform GUI modern seperti GTK4 dan Qt6. Seberapa besarkah ukuran file installer Ubuntu (dan turunannya) sekarang?

Ubuntu 24.04 (desktop standar Gnome) 5,7 GB
Lubuntu 24.04 (desktop LxQt) 3,1 GB
Kubuntu 24.04 (desktop KDE) 4,1 GB
UbuntuMate 24.04 (desktop Mate) 3,9 GB
Xubuntu 24.04 (desktop Xfce) 3,8 GB
Ubuntu Studio 24.04 6,7 GB
Ubuntu Budgie 24.04 (desktop Budgie) 3,8 GB
Ubuntu Kylin 24.04 (distro Ubuntu untuk negara China) 6,5 GB
LinuxMint 22 (turunan populer dari Ubuntu 24.04, desktop Cinnamon) 2,7 GB

*semua distro di atas menggunakan platform 64 bit (amd64)

Wkwk, sudah jauh lebih besar ya sekarang ukuran file .isonya dari yang dulunya hanya sekitar 700an MB sekarang sudah di atas 2,5 GB

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java