Membandingkan Layanan Kompres PDF Online

Kalau pernah berurusan dengan birokrasi pasti mengalami harus upload file pdf (yang kadang masih tetap diminta mengumpulkan berkas fisiknya) untuk diupload ke web, yang nyebelin itu proses upload kadang tidak berjalan sesuai harapan karena ukuran file dibatasi (kadang batas ukurannya juga tidak masuk akal karena terlalu kecil). Oleh karena itu mengompress file pdf menjadi pilihan yang tidak bisa dihindari. Sejumlah website menyediakan layanan untuk mengompress ukuran file PDF tanpa kita harus menginstall software di laptop. Pada postingan kali ini akan direview sejumlah layanan kompres ukuran file PDF tersebut.

Catatan:
Menggunakan layanan online memiliki resiko keamanan data. Sebaiknya layanan ini tidak digunakan untuk file yang memuat data-data pribadi. Walaupun website tersebut tidak menyimpan file yang diupload user namun sebagai langkah terbaik adalah menghindari file data pribadi untuk dikompres menggunakan layanan online.

Akan digunakan file PDF ini yang berukuran 4,2 MB untuk dikompres menggunakan sejumlah layanan kompres PDF yang berbeda.

ilovepdf
Layanan yang pertama adalah ilovepdf, selain kompres mereka juga menyediakan fitur lain seperti merge (menggabungkan file PDF), split (memisahkan / ekstrak halaman file PDF), convert (mengubah format dari PDF ke format file lain atau sebaliknya), dan sejumlah fitur lain. Tampilannya sederhana dengan satu buah tombol untuk mengupload file.

Setelah file diupload, terdapat pilihan level kompresi, dipilih recommended compression dulu untuk dicoba.

File PDF yang semula berukuran 4,4 MB berkurang sekitar 42% menjadi 2.45 MB. Setelah dicek file hasil kompresi, kualitasnya tidak menurun, kelihatan sama seperti file aslinya.

 

smallpdf
Layanan selanjutnya yang dicoba adalah smallpdf, sama seprti ilovepdf mereka juga menyediakan sejumlah fitur lain untuk memodifikasi file PDF. Tampilannya secara umum kurang lebih sama terdapat satu tombol untuk mengupload file PDF yang akan dikompres.

Perbedaannya pada level kompresi yang disediakan. Untuk kompresi tingkat tinggi tersedia bagi user yang membayar, namun bisa dicoba 1x gratis. Kali ini dicoba level basic dulu.

Setelah dikompres disebutkan file berkurang ukurannya menjadi 3 MB atau sekitar 40% lebih kecil.


Saya lakukan cek lewat command line Linux untuk melihat ukuran file yang terbaca oleh sistem operasi

 

File asli terbaca berukuran 4,3 MB kemudian hasil kompresi di ilovepdf 2,5 MB sedangkan di smallpdf beda tipis menjadi 2,6 MB. Untuk pengujian ini dengan kompresi level standar, ilovepdf sedikit lebih unggul. 

Demikian postingan kali ini, akan ditambahkan review layanan kompresi file PDF lain pada postingan berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java